loading...

Wednesday, March 13, 2013

Cara memperbesar Memory Internal Blackberry kag



maxmem from berrycoder.commaxmem from berrycoder.com
Salah satu kelemahan terbesar blackberry adalah seluruh email,program,notes,calendar event dan address book TERINSTALL di memory Internal blackberry yang terbatas.
meskipun ada program yang membuat program-program 3rd party dapat diinstall di memory card blackberry (MicroSD anda), namun tetap program saat akan dijalankan-akan di load pada internal memory blackberry.
jika anda memiliki dana lebih, ‘mengupgrade PIN’ atau membeli blackberry baru mungkin salah satu solusinya,seumpama seri Javelin 8900, yang memiliki memory internal 256Mb (dipotong OS terinstall dan berbagai internal tools blackberry, maka anda memiliki memory lebih besar 150Mb-lots of theme and program yang bisa anda install). namun, jika anda cukup puas dengan blackbery anda, ada cara yang mudah tanpa mengorbankan kantong anda (freeware) untuk mendapatkan memory internal lebih lega.
adalah freeware MaxMem dari berrycoder.com yang saya maksudkan, program berukuran 20Kb (20 kilobyte!) yang dapat anda download di situs www.berrycoder.com lewat handheld blackberry anda.
progam ini berfungsi untuk menghapus file/program bawaan blackberry yang aman untuk di delete.
developer program ini memaparkan bahwa kurang lebih 5Megabytes space akan anda dapatkan setelah menjalankan program ini. Fiuh, 5 Mb man! lumayan buat menginstall program baru yang anda butuhkan.
Ok, langsung saja ke topik utama.
  1. Masuk ke situs www.berrycoder.com melalui browser blackberry anda
  2. pilih/click/touch “MaxMem – Frees your precious Blackberry memory”.
  3. lalu akan diarahkan ke alamat OTA dari MaxMem, download.
  4. lalu dari halaman utama blackberry anda, jalankan dengan click/touch icon Mammouth (Gajah purbakala)
  5. ada 10 menu REMOVE yang dapat anda pilih, namun, saya hanya menyarankan anda untuk menjalankan menu REMOVE:
    1. Remove VAD, yaitu Voice Actived Dialling yang jarang/bahkan tidak pernah digunakan
    2. Remove PTT, Push To Talk, setahu developer program ini hanya dapat berjalan di operator USA AT&T, sehingga jika anda memiliki blackberry berlogo at&t, program ini dapat anda buang.
    3. Remove MDS, MObile data Service (MDS) utamanya adalah program khusus untuk blackberry Enterprise (BES), jika anda pengguna layanan blackberry personal (BIS), program ini dapat anda hapus dengan aman.
  6. Untuk menu Remove yang lain, tidak saya sarankan, terutama untuk “Remove Default Theme”-karena akan membuat anda tidak dapat menggunakan theme2 baru dari 3rd party yang biasanya menggunakan berbagai program bawaan dari theme standard.
  7. anyway, dengan hanya melakukan remove 3 pilihan #5, anda sudah mendapatkan free 5Mb yang diinginkan :-)
  8. cara untuk menggunakan, click/touch menu Remove tersebut
  9. lalu program akan memberikan 2 pertanyaan, yang jika salah satu anda jawab NO, akan membatalkan proses penghapusan.
  10. Pertanyaan tersebut adalah: “Have you made backup first?”, untuk memastikan anda telah melakukan backup terhadap data dan program anda melalui Desktop Manager bawaan blackberry.
  11. Pertanyaan kedua: “Are you willing to disclaim the coder of any data loss?”, untuk memastikan anda melakukan pertimbangan bahwa berrycoder.com (developer program ini), tidak memberikan garansi apa2 terhadap kehilangan data yang terjadi karena anda menjalankan program ini.
  12. setelah anda memberikan jawaban YES, maka proses penghapusan dimulai, dengan menampilkan program yang akan dihapus dan anda tinggal mengconfirm untuk YES atau NO (jika ingin membatalkan penghapusan).
  13. Diakhir proses, anda diminta untuk melakukan restart, untuk membersihkan secara tuntas proses remove tersebut.
  14. Ulangi dengan 2 Remove lainnya di petunjuk #5.
  15. sebagai perbandingan, saya berhasil membuat space blackberry saya yang tadinya tinggal tersisa 17Mb (sudah terinstall 538 multicontact, 61 calendar event, 11 mailbox dengan status terakhir 30 mail tersimpan dan masih ada 47 Mail belum terbaca, 3rd party program terinstall: Quickpull,CaptureIt,PDReplyAsNew,facebook 1.20,Alkitab Go bible dan Maxmem), menjadi 24Mb (lebih dari 5Mb kan?).
  16. Untuk Remove VAD, kerugian yang akan anda rasakan adalah, lewat menu Options > About, saat di click/touch informasi About tidak dapat anda akses. Loh? jika saya ingin mengetahui versi OS, PIN dan IMEI saya gimana dong? alternatifnya adalah menggunakan shortcut left ALT+Right aA caps+H secara bersamaan akan menampilkan informasi pengganti dari About tersebut.
    selamat mencoba.
loading...