Home » » Hal Penting Dalam Membuat Karaoke

Hal Penting Dalam Membuat Karaoke

Written By Muin wijaya on Tuesday, November 6, 2012 | 11/06/2012


Disini saya akan menerangkan bagai mana caranya membuat agar bisa menjadi karaoke/terlihat tulisan di layar.
Adobe Premiere Pro 1.5 dapat dipergunakan untuk membuat video dengan text karaoke. Caranya gampang-gampang susah, karena diperlukan kesabaran untuk menata satu demi satu titlenya. Prinsip cara kerjanya yaitu membuat 2 layer title yang sama persis hanya beda warna, kemudian diberi efek animasi crop sehingga seolah-olah berjalan seperti karaoke.
Berikut ini ada sedikit petunjuk cara kerjanya :
VIDEO
  1. Siapkan text lagu sesuai lagu yang akan dibuat karaoke. Kali ini saya akan membuat karaoke lagu Ayat-Ayat Cinta dari Rossa
  2. Buat title baru di Premiere dari File – New – Title
  3. Buat title dengan font warna biru (atau sesuai selera), tulisan bagian pertama lagu tersebut “Desir pasir di padang tandus”. Kemudian save, misalnya sebagai “karaoke01″
  4. Buat title untuk text selanjutnya. Agar format textnya sama, bisa mengkopi text di “karaoke01″ tadi kemudian pastekan di title yang baru dibuat ini. Edit textnya menjadi ” Segersang pemikiran hati”. Kemudian save menjadi “karaoke02″
  5. Untuk membuat seperti karaoke maka kita butuh text yang sama persis dengan yang tadi telah kita buat, hanya warnanya yang beda. Cara cepat membuatnya adalah dengan menduplikat file title tersebut.
  6. Dari Windows Explorer cari dimana file “karaoke01″ dan “karaoke02″ tersebut berada (ditempat tadi kita simpan). Kemudian copy dan pastekan disitu juga. Maka akan ada “copy of karaoke01″ dan “copy of karaoke02″
  7. Kemudian di premiere import kedua file tersebut (copy of karaoke01 dan copy of karaoke02). Kemudian edit “copy of karaoke01″ dan “copy of karaoke02″ sehingga warna fontnya menjadi putih (atau sesuai selera).
  8. Maka di project kita mempunyai 4 buat title (karaoke01, karaoke02, copy of karaoke01, copy of karaoke02).
  9. Masukkan video yang akan kita beri text karaoke di video1
  10. Pas-kan title “copy of karaoke01″ dan “copy of karaoke02″ sesuai bagian lagunya (pasang di video2)
  11. “karaoke01″ dan “karaoke02″ pasang di video3 dengan posisi yang sama dengan “copy of karaoke01″ dan “copy of karaoke02″ di video2
  12. Beri “karaoke01″ dan “karaoke02″ efek video berupa Crop (Video Effect – Transfrom – Crop)
  13. Pilih “karaoke01″,kemudian di efek control – buka bagian Crop. Di bagian “Right” isi 100. Maka yang nampak di monitor adalah title dari “copy of karaoke01″, sedangkan “karaoke01″ yang warnanya biru tidak terlihat. Coba klik dan tahan di angka 100 tadi kemudian geser ke kiri kemudian kanan, maka tulisan biru dan putih akan bergeser2 seperti karaoke. Tapi agar bisa berjalan sediri maka kita perlu membuat animation. Jadi di bagian “right” td tetap isikan 100.
  14. Klik “Toogle Animation” atau yang bentuknya seperti jam di belakang huruf “Right”, maka akan ada segitiga kecil(atau tepatnya seperti diamond – saya sebut segitiga aja) ditimeline efek tersebut.
  15. Geser segitiga tersebut ke awal timeline efek tersebut, pas-kan “play video” diawal bagian title tersebut.
  16. Kini kita akan membuat gerakan animasi tadi. Play video dengan menekan space. Saat si Rossa selesai mengucapkan “Desir pasir” kemudian hentikan video. Kemudian klik dan tahan diangka 100 efek Crop tadi. Geser kekiri hingga warna biru memenuhi huruf “Desir pasir”. Kemudian play lagi video sampai selesai bagian “di padang”. Lalu geser kembali di efek crop hingga warna biru memenuhi tulisan “di padang”, dan seterusnya.
  17. Setelah selesai video bisa diplay dari depan lagi. Apabila gerakan text belum pas bisa dipaskan dengan menggeser segitiga di timeline efek crop tadi.
AUDIO
  1. Untuk audio menggunakan 2 buah audio, yang satu tanpa vokal (-1) yang lainnya menggunakan vokal. Kebetulan lagu Rossa ini sudah tersedia yang tanpa vokal juga. Untuk lagu-lagu yang tidak disediakan versi tanpa vokalnya memang agak susah remove voice penyanyi dengan bersih. Saya belum nemukan software yang bagus yang dapat digunakan untuk meremove voice dari suatu lagu dengan bersih.
  2. Masukkan mp3 Ayat-ayat cinta dengan vokal ke dalam audio1 dan yang tanpa vokal di audio2
  3. Kemudian beri efek “Balance” sehingga audio hanya bersuara sebelah kiri – kanan kosong dan audio2 hanya bersuara sebelah kanan – kiri kosong
Itulah cara membuat karaoke dengan Adobe Premiere menurut versi saya. Mungkin nanti ada yang punya versi lain yang lebih mudah dan gampang.
Semoga bisa bermanfaat dan tidak membuat bingung
sekian cara membuat karaoke, hanya segitu yang saya bisa, mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian semua 
bila ada yang tidak di mengerti commen ia..... haha

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Labels

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

ads

Slider[Style1]

Recent

Ads Columns

Style5

Recent Posts

Style2

Style3[OneLeft]

Comments

Style3[OneRight]

Featured Posts

Style4

Video Of Day

Links

Welcome Guys

Followers

comments

Random

Videos News

Latest News

Posts List News

Páginas

Carousel News

Flicker Images

 
Support : mang acew | kangmui | Muin
Copyright © 2014. kangmuin_blog - All Rights Reserved
Template Created by kangmuin_blog Published by kangmuin
Proudly powered by Blogger