Home » » Sejarah Bedung Manganti

Sejarah Bedung Manganti

Written By Muin wijaya on Monday, October 29, 2012 | 10/29/2012


Disini saya akan menceritakan sedikit tentang bendungan yang berada di manganti.
Bendungan yang dibangun sejak tahun 1972 dan diresmikan pada tahun 1990 merupakan sentral pengaturan irigasi untuk wilayah Sidareja dan sekitarnya. Bendungan Manganti berfungsi untuk mengatur debit air, agar saat musim kemarau sawah-sawah penduduk yang terbentang luas tetap dapat ditanami padi dengan pengairan yang cukup memadai. Air dari bendung Manganti disalurkan melalui jaringan irigasi dari Sidareja ke Cihaur, bahkan pasokan air mengalir sampai ke wilayah Lakbok Kab. Ciamis Propinsi Jawa Barat.
tempat liburan keluarga
Bendungan Manganti Kontruksi Beton Yang Megah
Bendungan Manganti terdiri dari saluran utama, primer, sekunder dan tersier. Bangunan beton yang sangat megah merupakan maha karya bangsa yang dapat dilihat secara nyata dan menjadi kebanggaan bagi penduduk setempat.
Bendung Manganti dipola menjadi bendung gerak yang dilengkapi dengan pintu angkat dengan kerangka baja menggunakan mesin.
Saluran irigasi yang dipasok dari bendungan Manganti dapat dinikmati oleh puluhan ribu petani yang tersebar di 27 desa di Kecamatan Sidareja, Kedungreja, Wanareja, Patimuan, Gandrungmangu, Bantarsari dan Kawunganten. Hasil pertanian di wilayah ini merupakan penyumbang terbesar stok pangan nasional di propinsi Jawa Tengah Selatan.
Karena bangunannya yang megah dan indah akhirnya bendungan Manganti dijadikan tempat wisata oleh masyarakat setempat dan sekitarnya. Dan saat ini dengan difasilitasi jalan raya yang mulai diperbaiki, maka situasi di bendungan Manganti semakin ramai oleh pengunjung dan pedagang, apalagi di hari libur.
tempat liburan keluarga
Lokasi yang sering digunakan untuk memancing
Aneka jajanan dan mainan untuk anak-anak tersedia, bahkan Anda bisa memanjakan anak Anda dengan menyewa kuda tunggangan dan sewa perahu untuk keluarga dengan harga yang sangat murah. Dan tidak ketinggalan bagi Anda yang hobby mancing ini merupakan lokasi yang tepat, karena waduk di bendungan Manganti dalam waktu-waktu tertentu selalu ditanami ikan oleh pemerintah setempat dan boleh dipancing oleh masyarakat
oh ia jangan lupa di bendung manganti juga terdapat tempat ibadah dan warung-warung makanan di pinggiran bendung manganti.
sekian ya gan sejarah tentang Bendung manganti..... semoga bermafaat bagi kalian semua

Share this article :

4 comments:

  1. Info wisata yg baru bagi pribadi sy dan jika membaca serta melihat foto dari artikel di atas kiranya cukup menarik untuk dikunjungi. Kalau boleh usul, akses jalan menuju tempat tersebut mohon ditambahkan agar dg cara membaca dari blog ini, calon pengunjung mendapat info yg gamblang. Trim's ya Kang Muin.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sama2 gan, aksesnya
      di kabupaten ciamis, jawa barat
      kecamatan lakbok desa sidarahayu
      tepatnya dijalan raya manganti
      perbatasan jabar-jateng

      Delete
    2. Min, itu foto terakhir Mursini dengan Agus dan anaknya itu terletak di mana? rasanya masih asing dengan lokasi tersebut. Mohon kiranya dibalas biar gak penasaran... hehehe

      Delete
    3. itu posisi di sebelah masjid di kalimantan dekat rumah hahaha... rika priwe ya kang haduh

      Delete

Popular Posts

Labels

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

ads

Slider[Style1]

Recent

Ads Columns

Style5

Recent Posts

Style2

Style3[OneLeft]

Comments

Style3[OneRight]

Featured Posts

Style4

Video Of Day

Links

Welcome Guys

Followers

comments

Random

Videos News

Latest News

Posts List News

Páginas

Carousel News

Flicker Images

 
Support : mang acew | kangmui | Muin
Copyright © 2014. kangmuin_blog - All Rights Reserved
Template Created by kangmuin_blog Published by kangmuin
Proudly powered by Blogger