A. Pengertian
pesan bisnis
Pesan
adalah suatu yang dikirimkan dan atau di terima suatu tindakan komunikasi
langsung pesan dibagi menjadi dua yaitu pesan verbal dan pesan nonverbal.
B. Tahap
membuat pesan bisnis
Tiga taha
membuat pesan bisnis diantaranya
·
Merencanakan pesan
·
Menyusun pesan
·
Revisi pesan
1) Merencanakan
pesan
a. Penentuan
tujuan
Berfungsi agar gagasan dan maksud dari sebuah pesan dapat
tersamaikan.
Ada 3 umum tujuan pesan bisnis
1) Memberikan
informasi
2) Membujuk
atau persuasu (persuading) dan
3) Melakukan
kerja sama atau kolaborasi (collaborating)
Tujuan yang
baik dari sebuah pesan mempunyai kriteria sebagai berikut:
1) Tujuan
bersifat realistic artinya ide ataugagasan sesuai kemampuan yang ada.
2) Waktu yang
tepat, artinya waktu menjadi petimbangan yang oenting dalam menyapaikan pesan
3) Tujuan
ditrima perusahaan , artinya penyampaian suatu pesan hendaknya sesuai dengan
tujuan perusahaan secara keseluruhan
b. Analisis
audiens
Akan memberikan paling sedikit 2 informmasi penting yaitu :
membantu dalam memahami keadaan dan sikap komunikasi dan memoermudak
penyampaian pesan
c. Penentuan
ide pokok
Terdapat tiga teknik atau cara yang dapat dipergunakan untuk
menentukan ide pokok
1) Brainstorming
adalah penentuan ide pokok dengan membiarkan pikiran mencari kemungkinan ide
pokok secara leluasa
2) Petunjuk
atasan adalah dalam organisasi yang menganut system senioritas, para pelaksana
cenderung meminta petunjuk atasan dalam menentukan ide pokok
3) Kebiasaan
adalah untuk situasi yang relative sama
atau kejadian yang berulang-ulang, biasanya di kembangkan ide pokok
tertentun yang relative sama.
2) Penyusunan
pesan
Tujuan penyusunan pesan bisnis hendaknya tetap berpusat pada
peerimaan pesan dan harus memilikki tujuan yang jelas
a) 1. Pesan
yang diorganisasikan dengan baik akan memberikan manfaat yaitu:
·
Membantu penerima memahami pesan
·
Membantu penerima menerima pesan
·
Menghemat wakutu penerima pesan
·
Menyederhanakan tugas komunikator
2. cara
mengoorganisasi pesan
·
Menetapkan ide/gagasan pokok
Setiap pesan bisnis memiliki suatu ide /gagasan pokok. Ide /
gagasan pokok merupakan inti atau tema sentral pesan.
·
Mengelompokan ida
Ide pokok biasanya didukung oleh beberapa ide pendukung.
·
Memutuskan pola atau pendekatan urutan gagasan
Setelah menetapkan ide pokok dan mengelompokan ide, perlu di
putuskan pola atau pendekatan yang di
perlukan dalam menentukan urutan penyajian ide (gagasan) tersebut.
3.
Terdapat 4 bentuk organisasi pesaan bisnis , yaitu
·
Permintaan langsung(derect request)
Pesan yang menyampaikan langsung pada pont yang dituju yang
dapat membentuk surat dan memo.
·
Pesan rutin (good news atau goldwill)
Pesan atau informasi disampaikan secara rutin yang merupakan
bagian dari bisnis tetap dan pennerimaan pada umumnya bersikap netral.
·
Bad news
Pesan yang merupakan bagian dari bisnis tetap dan berpotensi
menimbulkan kekecewaan.
·
Pesan persuasi
Bertujuan membujuk dan menerima tidak tertarik pada pesan
tersebut
b) 1. Gaya
adalah cara menggunakan kata –kata untuk mencapai pada ataukesan secara
keseluruhan
Dalam komunikasi lisan
menyampaikan pesan-pesan bisnis perlu di hindari sebagai berikut
·
Pembicara yang bertele-tele
·
Pembicara yang tidak relevan dan tidak logis
·
Informasi penting terlupakan
·
Pengelompokan dan urutan pesan kesatuan logis
Komunikasi
yang efektif memegang peran penting dalam bisnis, komunikasi yang efektif dalam
bisnis, komunikasi bisnis secara tertulis di katakana evektif apabila memenuhi
karakteristik sebagai berikut.
a. Sopan
santun(courtesy)
b. Benar(correctness)
c. Ringkas(contisness)
d. Jelas(clarity
atau cleamess)
e. Tepat(concreteness)
f.
Lengkap (completeness)
3) Revisi
pesan bisnis
Pesan bisnis digunakan dalam kegiatan bisnis seperti
pedagang, perindustrian dan usaha jasa.
a) Tahap-tahap
revisi pesan
·
Menyunting pesan (editing )
·
Mengepaluasi isi dan organisasi
C. Menulis
ulang pesan
Ketika
menulis ulang pesan, perhatian ditujukan pada setiap kata yang memberikan
kontribusi pada yang kalimat efektif dan pengembangan kalimat agar menjadi
paragraph yang bertalian secara logis.
D. Memporduksi
pesan
Dalam
mendisain pesan bisnis yang efektif perlu memperhatikan hal untuk berikut:
1) Konsistensi
2) Seimbang
3) Terkendali
4) Rincian
5) Mencetak
pesan
Hal yang harus diperhatikan dakam mencetak pesan adalah
kebenaran gelar, atau penerima pesan yang dituju nomor halaman, judul,gambar
dan rincian lainnya.