loading...

Tuesday, December 4, 2012

MEMBUAT PESAN BISNIS


A.      Pengertian pesan bisnis
Pesan adalah suatu yang dikirimkan dan atau di terima suatu tindakan komunikasi langsung pesan dibagi menjadi dua yaitu pesan verbal dan pesan nonverbal.
B.      Tahap membuat pesan bisnis
Tiga taha membuat pesan bisnis diantaranya
·         Merencanakan pesan
·         Menyusun pesan
·         Revisi pesan
1)      Merencanakan pesan
a.      Penentuan tujuan
Berfungsi agar gagasan dan maksud dari sebuah pesan dapat tersamaikan.
Ada 3 umum tujuan pesan bisnis
1)      Memberikan informasi
2)      Membujuk atau persuasu (persuading) dan
3)      Melakukan kerja sama atau kolaborasi (collaborating)
Tujuan yang baik dari sebuah pesan mempunyai kriteria sebagai berikut:
1)      Tujuan bersifat realistic artinya ide ataugagasan sesuai kemampuan yang ada.
2)      Waktu yang tepat, artinya waktu menjadi petimbangan yang oenting dalam menyapaikan pesan
3)      Tujuan ditrima perusahaan , artinya penyampaian suatu pesan hendaknya sesuai dengan tujuan perusahaan secara keseluruhan
b.      Analisis audiens
Akan memberikan paling sedikit 2 informmasi penting yaitu : membantu dalam memahami keadaan dan sikap komunikasi dan memoermudak penyampaian pesan
c.       Penentuan ide pokok
Terdapat tiga teknik atau cara yang dapat dipergunakan untuk menentukan ide pokok
1)      Brainstorming adalah penentuan ide pokok dengan membiarkan pikiran mencari kemungkinan ide pokok secara leluasa
2)      Petunjuk atasan adalah dalam organisasi yang menganut system senioritas, para pelaksana cenderung meminta petunjuk atasan dalam menentukan ide pokok
3)      Kebiasaan adalah untuk situasi yang relative sama  atau kejadian yang berulang-ulang, biasanya di kembangkan ide pokok tertentun yang relative sama.
2)      Penyusunan pesan
Tujuan penyusunan pesan bisnis hendaknya tetap berpusat pada peerimaan pesan dan harus memilikki tujuan yang jelas
a)      1. Pesan yang diorganisasikan dengan baik akan memberikan manfaat yaitu:
·         Membantu penerima memahami pesan
·         Membantu penerima menerima pesan
·         Menghemat wakutu penerima pesan
·         Menyederhanakan tugas komunikator
2. cara mengoorganisasi pesan
·         Menetapkan ide/gagasan pokok
Setiap pesan bisnis memiliki suatu ide /gagasan pokok. Ide / gagasan pokok merupakan inti atau tema sentral pesan.
·         Mengelompokan ida
Ide pokok biasanya didukung oleh beberapa ide pendukung.
·         Memutuskan pola atau pendekatan urutan gagasan
Setelah menetapkan ide pokok dan mengelompokan ide, perlu di putuskan  pola atau pendekatan yang di perlukan dalam menentukan urutan penyajian ide (gagasan) tersebut.
                        3. Terdapat 4 bentuk organisasi pesaan bisnis , yaitu
·         Permintaan langsung(derect request)
Pesan yang menyampaikan langsung pada pont yang dituju yang dapat membentuk surat dan memo.
·         Pesan rutin (good news atau goldwill)
Pesan atau informasi disampaikan secara rutin yang merupakan bagian dari bisnis tetap dan pennerimaan pada umumnya bersikap netral.
·         Bad news
Pesan yang merupakan bagian dari bisnis tetap dan berpotensi menimbulkan kekecewaan.

·         Pesan persuasi
Bertujuan membujuk dan menerima tidak tertarik pada pesan tersebut
b)      1. Gaya adalah cara menggunakan kata –kata untuk mencapai pada ataukesan secara keseluruhan
Dalam komunikasi  lisan menyampaikan pesan-pesan bisnis perlu di hindari sebagai berikut
·         Pembicara yang bertele-tele
·         Pembicara yang tidak relevan dan tidak logis
·         Informasi penting terlupakan
·         Pengelompokan dan urutan pesan kesatuan logis
Komunikasi yang efektif memegang peran penting dalam bisnis, komunikasi yang efektif dalam bisnis, komunikasi bisnis secara tertulis di katakana evektif apabila memenuhi karakteristik sebagai berikut.
a.      Sopan santun(courtesy)
b.      Benar(correctness)
c.       Ringkas(contisness)
d.      Jelas(clarity atau cleamess)
e.      Tepat(concreteness)
f.        Lengkap (completeness)
3)      Revisi pesan bisnis
Pesan bisnis digunakan dalam kegiatan bisnis seperti pedagang, perindustrian dan usaha jasa.
a)      Tahap-tahap revisi pesan
·         Menyunting pesan (editing )
·         Mengepaluasi isi dan organisasi
C.      Menulis ulang pesan
Ketika menulis ulang pesan, perhatian ditujukan pada setiap kata yang memberikan kontribusi pada yang kalimat efektif dan pengembangan kalimat agar menjadi paragraph yang bertalian secara logis.
D.     Memporduksi pesan
Dalam mendisain pesan bisnis yang efektif perlu memperhatikan hal untuk berikut:
1)      Konsistensi
2)      Seimbang
3)      Terkendali
4)      Rincian
5)      Mencetak pesan
Hal yang harus diperhatikan dakam mencetak pesan adalah kebenaran gelar, atau penerima pesan yang dituju nomor halaman, judul,gambar dan rincian lainnya.

loading...