Home » » Menerapkan prinsip profesional bekerja

Menerapkan prinsip profesional bekerja

Written By Muin wijaya on Monday, December 3, 2012 | 12/03/2012

Menerapkan Prinsip Profesional dalam Bekerja

Menerapkan Prinsip Profesional dalam Bekerja

Standar Kompetensi (SK) ini adalah standar kompetensi yang ada di Program Studi Keahlian Keuangan dan di Program Studi Keahlian Tata Niaga sebagai bagian dari mata pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK). Standar Kompetensi (SK) “Menerapkan Prinsip Praktik Profesional dalam Bekerja” bagi Program Studi Keahlian Perkantoran merupakan mata pelajaran Kompetensi Kejuruan.


Dasar Kompetensi Kejuruan (DKK) adalah kompetensi yang mendasari Kompetensi Kejuruan (KK) sehingga standar kompetensi yang sama apabila diterapkan di dua program studi keahlian yang berbeda, indikatornya juga akan berbeda walaupun Kompetensi Dasar (KD) yang diacu adalah sama.


Penentuan indikator dapat mengadopsi dari Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) masing-masing program studi keahlian.


Bagi teman-teman yang akan mengopi dipersilakan, tetapi saya sangat berharap agar teman-teman tidak melupakan tujuan dari pembuatan silabus, bahwa silabus disusun untuk merencanakan pembelajaran pada suatu standar kompetensi tertentu sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai dengan memperhatikan sumber daya yang tersedia. Kesimpulannya, silakan teman-teman mengopi atau menjadikan silabus ini sebagai referensi, tetapi teman-teman harus menyesuaikan materi dengan sumber belajar (buku, artikel, jurnal) yang dimiliki; menyesuaikan alokasi waktu TM, PS, dan PI dengan struktur kurikulum masing-masing; menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan skenario yang memang teman-teman akan praktikkan untuk kelas; dan menyesuaikan penilaian dengan penilaian yang memang hendak dilakukan oleh teman-teman di sekolah, sehingga silabus saya sifatnya hanya sebagai referensi untuk dikembangkan sendiri berdasarkan kebutuhan. Halaman ini paling banyak mendapat klik dari pengunjung. Saya dapat memahami karena standar kompetensi ini terbilang baru bagi guru-guru yang mengampu Dasar Kompetensi Kejuruan baik Program Studi Keahlian Keuangan maupun Tata Niaga, tetapi sebagi guru kita harus selalu dapat mengadaptasi sesuatu yang baru dengan cara mencari informasi dari berbagai sumber seperti referensi yang relevan (buku, jurnal, artikel, SKKNI) atau berdiskusi dengan teman sejawat. Silabus adalah rel dalam kita mengajar yang akan kita tuangkan dalam skenario yang berupa RPP, sehingga rel itu harus kita desain sendiri sesuai dengan kebutuhan kita dalam rangka mencapai pembelajaran di kelas yang tepat sasaran dan menyenangkan dengan tetap berpatokan pada spektrum.


Mohon teman-teman dapat memberikan masukan untuk silabus “Menerapkan Prinsip Praktik Profesional dalam Bekerja” yang telah saya susun sehingga saya dapat memiliki gambaran lain mengenai materi dan teknik evaluasi untuk pembelajaran yang lebih baik. Revisi terakhir yang saya lakukan adalah membuat kolom tersendiri pada silabus khusus untuk mencantumkan pendidikan karakter dan budaya bangsa. Pendidikan karakter dan budaya bangsa pada silabus sebelumnya disisipkan di indikator, hal ini menyulitkan bagi guru untuk membuat teknik evaluasinya. Revisi saya lakukan pada awal semester gasal tahun pelajaran 2011-2012 (bulan Juli 2011). Buku pegangan mempergunakan buku terbitan Armico, Bandung; karangan Yeti Sumaryati yang berjudul “Menerapkan Prinsip Praktik Profesional Bekerja”. Penyajian materi untuk Kegiatan Belajar Mengajar mengambil dari buku pegangan juga materi mengenai Kode Etik Teknisi Akuntansi maupun kode etik profesi yang lain yang sifatnya dapat memperkaya pengetahuan peserta didik.
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

histat

alexa

Labels

Powered by Blogger.
 
Support : mang acew | kangmui | Muin
Copyright © 2014. kangmuin_blog - All Rights Reserved
Template Created by kangmuin_blog Published by kangmuin
Proudly powered by Blogger