loading...

Tuesday, March 5, 2013

Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android


Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android | Lelah juga menulis review. Sampai saya kehabisan kata-kata. Memang iya ya menulis review itu membutuhkan ide dan referensi yang cukup namun tidak untuk saya. Selama ini hanya sebatas pengetahuan saya saja yang saya tulis. #Dasar


Yang saya rasakan otak ini menjadi berat untuk dipaksa berfikir. Mungkin salah satu cara me-refresh pikiran yaitu dengan pergi berlibur. Namun berbeda dengan android.

Bicara tentang android, kalau manusia dipaksa bekerja pasti tidak mungkin karena nanti malah daya kerjanya menurun. Untuk android, performa turun, genjot lagi aja :D ini merupakan trik yang saya temukan di forum-forum (seperti XDA) dan saya simpulkan jadi satu dengan pengalaman serta pengetahuan saya guna menggenjot performa android, ya.. bisa dikatakanMenambah RAM dan Mempercepat Performa Android.

RAM pada manusia sama halnya daya ingat. Bisa gak ya daya ingat kita ditambah kapasitasnya? Kalau android dinaikkan performanya, pasti kinerjanya jadi oke. Sedangkan manusia? Otak manusia dipaksa berfikir ya nantinya malah ambles lah :D #MesinVSManusia

Triknya sederhana. Install Swapper, Naikkan SD speed, pasang Juwe RAM Script, dan yang terakhir Overclock.

Swapper Configuration
Install Swapper

Pertama-tama kita mulai dari yang paling sederhana. Install Swapper untuk menambah virtual memory yang berfungsi membantu pekerjaan RAM (istilah lainnya menambah RAM pada android -kata para androiders-). Untuk menginstallnya tidak memerlukan tutorial yang rumit. Tinggal kita download kemudian install lalu buka aplikasi tersebut dan atur sedemikian rupa. Centang active swap on boot < pilih SD Card FAT Partition untuk Swap File Partition < isikan value berapa MB yang akan anda gunakan untuk virtual memory di Swap File Size (Saya 1000MB < 1GB).

SD Booster
Install SD-Booster

Kedua install SD-Booster, fungsinya menaikkan kecepatan SD Card dalam membaca/menulis data (R/W). Sama halnya dengan overclock namun ini bukanlah prosesor melainkan SD Card. Cara memakainya, install dan buka aplikasi tersebut. Disitu sudah ada penjelasan bahwa untuk menaikkan speed isikan value didalam kotak yang tersedia antara 1 hingga 8192 namun disarankan menggunakan 1024 atau 2048.

System/etc/init.d
Pasang Juwe RAM Script

Baik, yang ketiga ini dibutuhkan root untuk eksekusinya. Juwe RAM Script merupakan script pengatur RAM. Ukuran file nya kecil dan fungsinya ampuh sekali. Aplikasi ini cocok dipadukan dengan RAM Manager. Cara memakainya, pertama download file tersebut kemudian ekstrak. Pindahkan file tersebut ke direktori init.d yang berada di folder system/etc. Kemudian rubah permissionnya menjadi rwxr-xr-x. Restart ponsel anda.

Permissions
Sudah cukup itu saja yang perlu saya terangkan, untuk masalah overclock tinggal masuk ke setting lalu CyanogenMod settings kemudian pilih peformance setelah itu CPU settings. Untuk yang tidak memakaiCyanogen ROM bisa menggunakan aplikasi Set CPU yang tersedia di Google Play.

Source :
http://www.4shared.com/file/u31euvFg/orgazasoftswapperv17.htm
http://www.4shared.com/android/2hwu6-kK/Sd_Booster_v151.html
http://www.4shared.com/rar/sECa3-iF/Juwe_RAM_Script_wwweusouandroi.html
loading...