Home » , » wana wisata situ mustika

wana wisata situ mustika

Written By Muin wijaya on Friday, February 14, 2014 | 2/14/2014





Keadaan Umum Letak dan Luas Kawasan
Terletak pada Petak : 54.b dengan RPH Gadung, BKPH Banjar Utara, KPH Ciamis, dengan Luas danau : 3,5 Ha dan Luas Daratan : 5 Ha Desa Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar
Wana wisata ini terletak pada ketinggian 45 m dpl, konfigurasi lapangan pada umumnya berbukit. Kawasan ini mempunyai curah hujan 3.000 mm/tahun dengan suhu udara 22 – 28 0 C.

Potensi Kawasan
Wana wisata ini terdiri dari hutan tanaman campuran (Jati, mohoni, pinus). Sumber air yang ada berupa mata air yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung dan masyarakat sekitar. Poptensi visual lansekap didalam kawasan yang menarik adalah danau, hutan tanaman campuran dan pulau ditengah danau.
Wana wisata ini digunakan untuk wisata harian dengan kegiatan wisata yang dapat dilakukan adalah piknik, mendaki gunung, berperahu/bersampan dan memancing.
Lokasi di areal Situ Mustika bernama blok Cicapar, pada suatu ketika sekitar tahun 1960 kota Banjar dan sekitarnya mengalami musim kemarau yang panjang sehingga persediaan akan air bersih hampir tidak ada, baik untuk kebutuhan masyarakat maupun untuk kebutuhan khusus di Rumah Sakit Umum Banjar.
Selanjutnya para pemimpin daerah kota Banjar dan unsur Jawatan Kehutanan mengadakan rembugan untuk mencarikan mata air dan ditemukan sebuah ide untuk membuat bendungan atau dam yang mata airnya mengambil dari petak Cicapar sehingga membentuk sebuah Situ.
Setelah terbentuk sebuah Situ airnya disalurkan kekota Banjar sehingga kebutuhan air bersih untuk kebutuhan masyarakat dan RSU Banjar dapat teratasi dan masyarakat pun merasa sejahtera dan mulia. Karena air dari Situ tersebut membawa sejahtera dan mulia terhadap masyarakat maka sejak itu orang menamakan “Situ Mustika”.
Sebelum tahun 1965, situ Mustika dalam kekuasaan BTI/PKI. Mereka menguasai kompleks kehutanan ini semata-mata karena mendapat dukungan dari SB Kehutanan/SOBSI pada masanya. Tatkala G-30-S PKI meletus kedudukan oknum BTO/PKI menjadi terdesak. Pada tahun 1966, kompleks Situ Mustika ini dikuasai pihak berwajib dan selanjutnya diserahkan kepada pihak Kehutanan Ciamis.
Mulai tahun 1985 ini pihak Perum Perhutani sudah menetapkan Situ Mustika sebagai obyek wana wisata.

Aktivitas/kegiatan wisata yang dapat dilakukan diantaranya :
1. Recreation , Sight seeing dan Refreshing ( melihat keindahan pemandangan alam )
2. Pendidikan & Penelitian ( observasi lingkungan alam baik flora , fauna , terumbu karang , maupun gejala fisik terbentuknya Goa Alam , Situs Budaya Batu Kalde dan Situs sejarah Goa Jepang)
3. Trekking ( Kegiatan Penjelajahan hutan dan pantai hingga ke Goa Alam dan Goa Jepang serta melihat situs Budaya Batu Kalde )
4. Outdoor Activity / FLYING FOX. ( Kegiatan dialam bebas dengan berbagai tujuan mulai sekedar Refreshing hingga tujuan tertentu melalui kegiatan Outbond )
5. Camping

Fasilitas
Fasilitas yang tersedia didalam wana wisata ini adalah papan petunjuk, pos jaga, loket karcis, tempat parkir, jalan setapak, instalasi air bersih, MCK, bangku dan mushola. Disamping itu terdapat juga Sepeda Air, tetapi sebagian sudah bocor.

Aksesibilitas
Wana wisata ini dapat dicapai dari beberapa Kota dengan Jalur wisata sbb :
1. Bandung – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar – Situ Mustika : + 150 Km
2. Purwokwrto – Banjar – Situ Mustika : + 93 Km
3. Cirebon – Ciamis – Banjar - Situ Mustika : + 120 Km
Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Labels

Powered by Blogger.

Contact Form

Name

Email *

Message *

Archive

ads

Slider[Style1]

Recent

Ads Columns

Style5

Recent Posts

Style2

Style3[OneLeft]

Comments

Style3[OneRight]

Featured Posts

Style4

Video Of Day

Links

Welcome Guys

Followers

comments

Random

Videos News

Latest News

Posts List News

Páginas

Carousel News

Flicker Images

 
Support : mang acew | kangmui | Muin
Copyright © 2014. kangmuin_blog - All Rights Reserved
Template Created by kangmuin_blog Published by kangmuin
Proudly powered by Blogger