loading...

Tuesday, December 18, 2018

Mengenang Kepergian Kim Jong-hyun Dengan Karya

Mengenang Kepergian Kim Jong-hyun Dengan Karya

@bbc .com
lebih dikenal sebagai Jonghyun lahir pada 8 April 1990 – meninggal 18 Desember 2017 pada umur 27 tahun, dia adalah seorang penyanyi, penari, sekaligus penulis lagu Korea Selatan.

Jonghyun menjadi anggota sekaligus vokalis utama dari grup idola pria Shinee. akan tetapi pada 18 Desember 2017, ia ditemukan tidak sadarkan diri di apartemennya, dan dinyatakan meninggal dunia ketika tiba di rumah sakit.

Dalam beberapa berita,  menyebutkan bahwa Kim Jonghyun sebagai idola paling bersinar di industri korea selatan meninggal pada akhir tahun 2017, kepergiannya yang tragis menjadi tamparan bagi dunia entertainment korea untuk introspeksi.

Dalam catatan yang ia tinggalkan, ia menyebutkan “saya hancur dari dalam”. Dari tulisan ini kita bisa menyimpulkan bahwa tekanan menjadi K-pop yang disebut-sebut sebagai salah satu ekspor budaya Korea Selatan yang paling berhasil, sangat membutuhkan pengorbanan yang sangat besar.
@bbc

Kepergiannya yang begitu mendadak, membuat beberapa agenda yang sebelumnya telah direncanakan untuk kariernya. Didalam salah satu episode program televise yang seharusnya menjadi program yang di isi oleh Jonghyun akhirnya di batalkan, selain itu juga ada rencana tour konser bersama SHINee. 

Sebelum kepergiannya, Jonghyung sempat merekam album, dan di produseri dan ditulis sendiri oleh Jonghyun. Pada awal tahun tepatnya tanggal 23 Januari, album yang bertajuk “Poet|artist” rilis dan berhadil merajai sejumlah tangga lagu internasional. Bahkan Album ini bertenger di posisi pertama Japanese International Weekly Albums Oricon, Billboard US World Albums, dan Gaon South Korean Albums. Selain itu  juga berhasil memuncaki iTunes Charts Worldwide. Album ini berhasil terjual lebih dari 221.960 copy di seluruh dunia.

Meski begitu, ada harga yang mesti di bayar untuk popilaritas yang disandang oleh bintang K-pop. Mereka harus menjalani persaingan ketat dan latihan super ketat. Tidak hanya itu saja, para agen pencari bakat dan manajemen artis menggunakan industri ini dengan tangan besi.

Kasus kepergiannya begitu mengguncang semua pihak, pasalnya setelah percobaan bunuh diri dengan menghirup karbon monoksida (sumber:idntimes), menjadi sorotan berbagai pihak. Pasalnya dia sedang berada pada puncak popularitas, dan terkenal sebagai idola yang selalu memiliki citra positif dan ceria. 

Hal ini menjadi bukti bahwa gangguan kesehatan mental dapat menyerang siapa saja, termasuk Jonghyun. Hal ini menimbulkan diskusi dan mempertanyakan kerasnya bisnis hiburan di Korea Selatan, dan mencoba membedah apa yang salah dari system yang ada. 
@idntimes

Bintang K-pop yang bunuh diri


Prince Mak menyebutkan hal yang paling berat adalah bagi mereka yang setengah terkenal. Kenapa bisa begitu? Prince Mak mengatakan peraturan ketat yang diterapkan termasuk dalam hal makanan, pacaran, serta jam kerja lama yang biasanya mencapai lebih dari 18 jam sehari. Para artis yang "setengah terkenal" akan sangat keletihan. Akan tetapi, catatan yang ditinggalkan Jonghyun juga menunjukkan bahwa penyanyi yang sudah tenar pun mengalami tekanan besar.

Begitulah hal-hal singkat mengenai Kim Jonghyun SHINee bahkan setelah dia meninggal dunia tetap menjadi trending topik karena keberhasilannya sebagai musisi dan berbagai hal lainnya. Kepergiannya memang membuat dunia musik Korea sempat kehilangan, semoga saja insiden seperti ini tidak terulang kembali. 

Damai di tempat abadi Jonghyung.

sumber: 
idntimes .com
bbc .com

#jonghyun #kimjonghyun #k-pop #korea
loading...